Jumat, 06 Maret 2015

Pilih Lowongan Kerja atau Perguruan Tinggi Favorit?

Hai hai haiii...
Apa kabar hari ini? Ciieee yang bentar lagi lulus dari SLTA...
Gimana? Mau lanjut belajar ke bangku kuliah atau udah siap terjun ke dunia kerja?
Masih bingung? Yukk lihat-lihat dulu. ada Lowongan kerja nih. Ada juga referensi Perguruan Tinggi idaman.

Cek it .
A. LOWONGAN KERJA


1. Lowongan Teknisi Elektro dan Operating Sound System PT SOUNDLAB INDONESIA

Dibutuhkan Segera 1 orang Teknisi Elektro dan 1 orang Operator Sound System (Soundman Engineer) untuk ditempatkan di Jakarta.
Syarat :
1. Pria Umur max.25 th
2. Pendidikan min.SLTA (diutamakan SMK Jurusan Elektro)
3. Punya Pengalaman di Bidang Sound System 4. Jujur, ulet, berkemauan keras, komunikatif, dan bisa bekerja dalam tim.

Tanggung Jawab Pekerjaan :
1. Memperbaiki peralatan sound system yang rusak dari customer
Persyaratan Pengalaman :
Contoh : Pengalaman minimal 2 tahun di bidang elektro
Keahlian :
1. MEnguasai elektro dasar
2. dapat memperbaiki peralatan elektro/sound system
3. dapat merakit komponen seperti PCB, dll
4. dapat menganalisa akibat kerusakan yang terjadi.
5. mengetahui beberapa komponen-komponen
Kualifikasi :
1. Pria
2. usia max 30 tahun
3. lulusan SMK/STM diutamakan yang jurusan elktronik/ audio-video
4. Jujur, ulet, pantang menyerah
5. dapat bekerja dalam team.
6.Bertanggung jawab atas pekerjaannya



2. Operator Produksi

Untung Terus Sejahtera - Jakarta
- Pria, usia maks. 25 tahun
- Pengalaman Min. 1 tahun sesuai dengan bidangnya lebih diutamakan Operator Spray (Powder/Cat)
- Pendidikan min. SMK Teknik/D3 segala jurusan, lebih diutamakan jurusan Teknik Mesin & elektro
- Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Power point)
- Implementasi K3 dan 5 R
- Mampu bekerta di bawah tekanan dan orientasi Target

Bagi yang merasa tertantang dan ingin ikut bergabung serta berkembang bersama kami, Silahkan kirim lamaran lengkap, CV dan foto terbaru ke email:

pc_hrd@yahoo.com

Atau kirim ke:
PT Untung Terus Sejahtera
Jl . Raya Bogor Jakarta Km 50
Cijujung Permai No 18


3. Lowongan Kerja SMK Jurusan LISTRIK/ ELEKTRO

 di PT. Totalprima Solution Integrasindo -Perusahaan yang bergerak dibidang Kelistrikan (automasi, kontraktor/konstruksi, instalasi, & manufaktur), yang bertempat di Tangerang. Memberikan kesempatan kepada Alumni SMKN 1 Singosari. sebagai : TEKNISI LISTRIK Adapun Persyaratannya : • Pria • Lulusan SMK Jurusan LISTRIK/ ELEKTRO• Memahami fungsi dari berbagai peralatan listrik dasar • Memahami membaca wiring diagram • Fisik sangat sehat, siap mental untuk bekerja longshift di proyek/lapangan • Bisa bekerja dalam team • Hari kerja Senin s.d Sabtu, bila diperlukan lembur ada insentif lembur • Bersedia interview teknis & praktek kerja di proyek 1 hari di Tangerang Bagi yang berminat, harap segera mengirimkan : 1. Surat Lamaran 2. Daftar Riwayat Hidup 3. Fotokopi Ijazah & Transkrip Nilai dilegalisir 4. Fotokopi KTP 5. Foto berwarna 4 x 6 (2 lembar) 6. Fotokopi sertifikat Prakerin 7. Fotokopi sertifikat-sertifikat pendukung lainnya Keterangan : 1. Info lengkap hubungi BKK SMKN 1 Singosari 2. Berkas lamaran dikumpulkan secara Individu ke BKK SMKN 1 Singosari & ditujukan kepada Pimpinan PT. Totalprima Solution Integrasindo di Tangerang.3

Source : http://cybersatu.blogspot.com/2012/11/lowongan-kerja-smk-jurusan-listrik.html


4. OPERATOR PRODUKSI

Adapun Persyaratan yang di butuhkan sebagai berikut:
•    Pria, Usia Max. 22 tahun
•    Lulusan SMK Jurusan Teknik Mesin, Otomotif, Listrik, Elektro
•    Nilai Rata-rata 6,5
•    Nilai Matematika Min.7
•    Tidak berkacamata (minus)
•    Tidak Buta Warna
•    Tinggi Min. 163cm
•    Berat Badan Ideal
Kelengkapan berkas:
1.    Pas foto 2x3 warna 1 lembar
2.    FC. KTP
3.    CV
4.    FC. IJAZAH
5.    FC. SKHUN
6.    SKD
7.    Fc. Transkrip nilai
8.    Fc. KK
9.    Fc. Akta kelahiran
10.    Fc. SKCK
11.    Fc. NPWP
Paling lambat tanggal 8 Maret 2014
(di Kumpulkan di BKK SMKN 1 Karawang)
Bogor 16710



B. PERGURUAN TINGGI YANG AKAN DITUJU


1. UNAND

A.     TATA CARA PRA PENDAFTARAN
1.    Masuk ke Laman http://pmb.unand.ac.id, Sesuai jadwal yang di tentukan kemudian
2.    Memilih submenu Pra Pendaftaran pada menu SNMPTN, dengan menggunakan akun:
username : nomor pendaftaran
password: tanggal lahir, dengan format hhbbtttt
(h = tanggal, b = bulan, t = tahun) tanpa spasi, koma atau garis miring
3.    Mengisi semua blanko isian yang ada pada laman web tersebut secara lengkap dan benar. Data yang tidak benar dapat menyebabkan calon mahasiswa digugurkan kelulusannya, untuk itu perlu diperiksa ulang secara teliti sebelum menekan tombol penyimpan data (Simpan).
4.    Mengunggah (Upload) File berkas-berkas yang diperlukan.
5.    Setelah klik Simpan, akan muncul Besaran Biaya Pendidikan.
6.    Cetak Besaran Biaya Pendidikan tersebut sebagai pedoman membayar ke bank.
7.    Calon Mahasiswa yang terdaftar Bidik Misi tidak perlu melakukan Pra Pendaftaran.
B.      PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN
Pembayaranbiaya pendidikansudah dapat dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan di seluruh kantor layanan Bank yang ditunjuk melalui Teller (dengan menyebutkan nomor pendaftaran). Selanjutnya calon mahasiswa akan mendapatkan slip pembayaran biaya pendidikan dan PIN (6 digit angka).
C.      REGISTRASI ONLINE
1.    Setelah membayar biaya pendidikan, calon mahasiswasudah dapat mengisi biodata secara online  sesuai jadwal yang ditentukan melalui http://registrasi.unand.ac.id dengan memasukkan No. Pendaftaran dan PIN (6 digit) yang diperoleh dari Bank yang ditunjuk;
2.    Biodata harus diisi secara benar dan lengkap. Kesalahan dan kekurangan penulisan data dapat mempengaruhi statistik pendaftaran dan merugikan mahasiswa bersangkutan;
3.    Selanjutnya calon mahasiswa akan memperoleh Nomor Induk Mahasiswa (NIM) secara otomatis;
D.     VERIFIKASI DOKUMEN
Dokumen pendaftaran dibagi dua kriteria yaitu: Dokumen Umum dan Dokumen Terdaftar Bidik Misi. Tata cara verifikasi dokumen diatur sebagai berikut:
               I.     Verifikasi Dokumen Umum
Seluruh calon mahasiswa (termasuk pendaftar Bidik Misi) harus mengikuti proses Verifikasi Dokumen Umum dengan jadual sebagai berikut:
No.    HARI/TANGGAL    PUKUL    LOKASI
1    sesuai jadwal yang ditentukan     08.00 s.d. 16.00 WIB
(Wajib hadir selambat-lambatnya sebelum jam 09.00 WIB. Pintu Auditorium ditutup jam 09.00 WIB)    Auditorium,
Kampus Unand, Limau Manis
Dalam pelaksanaan Verifikasi Dokumen Umum calon mahasiswa harus membawa dan memperlihatkan dokumen sebagai berikut:
1.   Menyerahkan fotocopy bukti pembayaran biaya pendidikan. Pendaftar Bidik Misi tidak perlu menyerahkan bukti pembayaran;
2.      Menyerahkan fotocopy Kartu Bukti Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2015 dan memperlihatkan aslinya;
3.      Menyerahkan masing-masing 1 (satu) rangkap fotocopy :
a.      Ijazah
b.      Rapor
c.       Daftar Nilai UN
d.      Surat Tanda Lulus Ujian Nasional/ Surat Tanda Kelulusan
Fotocopy dokumen tersebut dilegalisir dan memperlihatkan aslinya;
             II.     Verifikasi Dokumen Terdaftar Bidik Misi
1.      Calon mahasiswa yang terdaftar Bidik Misi tidak perlu melakukan Pra Pendaftaran dan membayar Biaya Pendidikan, tetapi terlebih dahulumengikuti prosesverifikasi dokumen sesuai jadwal yang ditentukan  di Gedung Auditorium, Kampus Unand, Limau Manis, Padang. Dokumen yang mesti disiapkan (1 rangkap fotocopy dan memperlihatkan aslinya):
a.      Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan
b.      Kartu Keluarga
c.       Slip pembayaran Rekening Listrik 2 (dua) bulan terakhir
d.      Slip gaji orang tua (bila ada)
e.      Kartu Pendaftaran SNMPTN Tahun 2015
2.      Bagi yang memenuhi kriteria maka ditetapkan sebagai penerima Bidik Misi dan tidak perlu membayar biaya pendidikan, sedangkan bagi yang tidak memenuhi kriteria tetap membayar biaya pendidikan dengan cara terlebih dahulu melapor ke LPTIK untuk mengisi data.
E.      TES KESEHATAN
Pemeriksaan Kesehatan wajib dilakukan oleh seluruh calon mahasiswa dan harus datang sendiridengan membawa Kartu Pendaftaran SNMPTN Tahun 2014 pada;
No.    HARI/TANGGAL/JAM    FAKULTAS    LOKASI
1    sesuai jadwal yang ditentukan     1. Ekonomi
2. Farmasi
3. Hukum
4. ISIP
5. Ilmu Budaya
6. Kedokteran
7. Keperawatan
8. Kesehatan Masyarakat
9. Kedokteran Gigi    Auditorium,
Kampus Unand, Limau Manis
2    sesuai jadwal yang ditentukan     1. Pertanian
2. Peternakan
3. MIPA
4. Teknik
5. Teknologi Pertanian
6. Teknologi Informasi    Auditorium,
Kampus Unand, Limau Manis

Pemeriksaan meliputikesehatan tubuh secara umum, pengaruh Narkoba, buta warna,dan kesehatan gigi. Khusus calon mahasiswa kelompok SAINTEK (Fakultas Pertanian, Kedokteran, MIPA, Peternakan, Teknik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Keperawatan, Kedokteran Gigi, dan Teknologi Informasi) syaratnya Tidak Buta Warna.Jika terindikasi buta warna disarankan pindah program studi yang tidak mempersyaratkan buta warna.
 F.       PEMBUATAN KARTU TANDA MAHASISWA (KTM/ATM)
Mahasiswa datang ke petugas Teller BSM di Loket Auditorium untuk memperoleh aplikasi permohonan pendaftaran rekening. Persyaratan pembukaan rekening adalah:
1.        Mengisi formulir pembukaan rekening BSM
2.        Menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 lembar
3.        Menyerahkan foto copy tanda pengenal (KTP/SIM) yang masih berlaku
4.        Membayar setoran awal Rp. 50.000,- (Rp. 15.000,- untuk biaya KTM, dan Rp. 35.000,- untuk tabungan awal)
G.     PERHATIAN
1.      Calon mahasiswa wajib mengikuti prosedur yang telah ditetapkan (lihat alur pendaftaran pada website Unand atau di pintu masuk Auditorium Unand)
2.      Calon mahasiswa baru dinyatakan gugur haknya sebagai mahasiswa Universitas Andalas apabila :
a.    Tidak hadir pada tanggal sesuai jadwal yang ditentukan  WIB di Auditorium Unand. Apabila mendaftar diluar jadual yang telah ditetapkan maka tidak akan dilayani;
b.    Tidak memenuhi syarat kesehatan dan terindikasi pemakai Narkoba;
c.    Fotocopi: Ijazah, Daftar Nilai UN, Surat Tanda Lulus Ujian Nasional/ Surat Tanda Kelulusan tidak sesuai dengan aslinya. Atau memberikan keterangan palsu lainnya.
d.    Data nilai Rapor tidak sesuai dengan data yang ada pada PDSS.
3.      Calon mahasiswa yang terdaftar Bidik Misi dinyatakan sah penerima beasiswa jika verifikator menyatakan ybs memenuhi kriteria. Namun jika dalam proses verifikasi ternyatastatusnya tidak memenuhi kriteria, maka haknya sebagai penerima Beasiswa Bidik Misi akan dicabut dan yang bersangkutan diwajibkan membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan yang ada.
4.      Bagi yang dinyatakan syah sebagai penerima Bidik Misi, maka yang bersangkutan wajib tinggal di Asrama dan bersedia mengikuti semua ketentuan yang berlaku di asrama. Tata cara pendaftaran asrama diatur tersendiri melalui pengelola asrama.
5.      Pendaftar yang dinyatakan lulus SNMPTN Tahun 2014 tidak dibenarkan mengikuti SBMPTN Tahun 2015.
6.      Jika uang telah disetor, kemudian mengundurkan diri denganberbagai alasan maka uang tidak dapat diminta kembali;
7.      Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Telp. (0751) 71301; 71181 ext. 346 Kampus Unand, Limau Manis, Padang.




 2. ITB

Apakah anda termasuk mahasiswa Indonesia yang berdomisili di luar negeri dan ingin berkuliah di Indonesia tempat kelahiran anda ya jalur masuk ini dikhususkan untuk merkea WNI yang berada diluar negeri yang ingin berkuliah di ITB dapat mengikuti seleksi khusus untuk melakukan pendaftaran anda dapat mengakse link berikut ini usm.itb.ac.id/pmbln-1.htm atau di publik.akademik.itb.ac.id/seven/USMLN/Registrasi persyaratan dan ketentuan lain juga dapat dilihat pada link tadi.


Persyaratan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2015

Persyaratan pendaftaran awal untuk seleksi mahasiswa baru ITB tahun ini dapat dilihat dibawah ini berikut tatacara dan mekanisme dikutip dari situs resmi ITB. Dokumen-dokumen persyaratan yang harus dibawa dan dilengkapi calon mahasiswa pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, adalah sebagai berikut :
•    Print Out Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2015. Bila anda tidak berhasil melaksanakan Pendaftaran Mahasiswa Baru di situs resmi ITB (http://pmb.akademik.itb.ac.id
), silakan langsung hadir pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, pada tanggal 17 Juni 2015, dengan membawa kelengkapan dokumen yang disyaratkan.
•    Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2015 (asli). Calon mahasiswa yang tidak membawa Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2015, tidak diperkenankan memasuki ruangan pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2015.
•    3 (tiga) lembar pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm.
•    Akte Kelahiran asli dan 1 (satu) lembar fotokopi. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akte Kelahiran, tidak dapat digunakan.
•    Bukti Kelulusan SLTA Asli berupa STTB/Ijazah dan/atau Tanda Lulus/SKHUN Sementara dari SLTA asal, dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah. Kelulusan SLTA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan kelulusan calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SLTA dari penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN 2015.
•    Rapor SLTA asli dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
•    Sertifikat Bukti Prestasi asli (bila ada) dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
•    Formulir Catatan Kesehatan asli yang telah diisi dan ditandatangani oleh dokter umum. Format Formulir Catatan Kesehatan dapat diunduh di situs http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip.
•    Bagi calon mahasiswa yang mendaftar ke FSRD ITB, diwajibkan membawa gambar asli yang digunakan pada portofolio.
•    Surat Perjanjian Mahasiswa Baru ITB 2015 yang telah diisi dan ditandatangani calon mahasiswa. Surat perjanjian tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
•    Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata asli, sesuai dengan format yang disediakan ITB di situs http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di sekolah/fakultas berikut :
o    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat program studi Kimia)
o    Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
o    Sekolah Farmasi
o    Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
o    Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
o    Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (khusus peminat program studi Teknik Lingkungan dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan)
o    Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat program studi Teknik Kimia)
o    Fakultas Seni Rupa dan Desain
•    Bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan permohonan subsidi biaya pendidikan atau telah mengajukan lamaran Beasiswa BIDIKMISI, diwajibkan :
o    Menyerahkan dokumen-dokumen berikut pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB (17 Juni 2015) :
    Surat Pernyataan Orang Tua/Wali asli yang telah diisi dan ditandatangani di atas meterai Rp. 6000,-. Surat pernyataan tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
    Bukti pembayaran rekening listrik
    Surat Keterangan Penghasilan orangtua/wali dari Pemberi Pekerjaan/RT/RW/ Kelurahan.
o    Mengunggah dokumen-dokumen berikut di situs http://pmb.akademik.itb.ac.id pada tanggal 9 - 16 Juni 2015 :
    Fotocopy Kartu Keluarga yang mencantumkan nama calon mahasiswa
    Bukti pembayaran rekening listrik yang mencantumkan secara jelas kapasitas daya listrik tempat tinggal
    Fotocopy tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang mencantumkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) atau Perjanjian Kontrak/Sewa tempat tinggal dengan alamat sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga
    Foto tempat tinggal sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga
    Essay (tulisan tangan). Informasi mengenai essay yang harus dibuat oleh calon mahasiswa dapat diperoleh di sini http://usm.itb.ac.id/essay-daftarawal.htm.
o    Dokumen yang tidak berhasil diunggah wajib dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2015. Pengajuan subsidi biaya pendidikan dan Beasiswa Bidikmisi tidak akan diproses apabila terdapat data/dokumen yang tidak lengkap.
Semua persyaratan dan dokumen tersebut harus dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2015. Kekurangan/ketidaklengkapan persyaratan dan dokumen, akan menyebabkan kelulusan calon mahasiswa yang bersangkutan di SNMPTN 2015 dibatalkan dan tidak dapat diklaim kembali untuk alasan apa pun.


Persyaratan Peserta Beasiswa BIDIKMISI
Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa BIDIKMISI, selain dari kelengkapan akademik di atas, diharuskan untuk membawa kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan Beasiswa BIDIKMISI pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2015, pada tanggal 17 Juni 2015. Kelengkapan dokumen tersebut adalah :
•    Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki Kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
•    Rekomendasi untuk menerima Beasiswa BIDIKMISI dari Sekolah beserta alasan mengapa calon mahasiswa yang bersangkutan dinilai layak untuk menerima beasiswa BIDKMISI.
•    Fotokopi Kartu Identitas kedua orang tua calon mahasiswa.

Program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter bagi Calon Mahasiswa yang Mengajukan Beasiswa Bidikmisi
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di ITB melalui SNMPTN 2015 dan mengajukan Beasiswa Bidikmisi diwajibkan tinggal di Asrama ITB dan mengikuti pelaksanaan kegiatan Program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter secara penuh. Program Matrikulasi & Pengembangan Karakter akan dilaksanakan di Kampus ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung, pada tanggal 19 Juni – 18 Juli 2015. Pada pelaksanaan program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter, calon mahasiswa yang telah mengajukan Beasiswa Bidikmisi tidak dikenai biaya apa pun.

Kegiatan Matrikulasi & Pengembangan Karakter berisi materi terkait ITB dan Fakultas/Sekolah, peningkatan kemampuan soft skill dan keterampilan belajar (learning skill), pemberian wawasan kehidupan di perguruan tinggi, dan pengenalan fasilitas kampus. Bagi penerima Beasiswa Bidikmisi, sebagai bagian dari program pengembangan karakter mahasiswa Bidikmisi, diwajibkan untuk tinggal di asrama ITB selama satu tahun pertama di ITB.

Beberapa informasi penting lainnya
•    Calon mahasiswa melaksanakan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB secara tepat waktu, berpakaian seragam SLTA dan mengenakan sepatu tertutup.
•    Pelunasan biaya pendidikan akan dilaksanakan pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2015, bulan Agustus 2015. Ketentuan mengenai biaya pendidikan di ITB dapat diperoleh di sini http://usm.itb.ac.id/snmptn-4.htm.
•    Selain dari persyaratan dokumen yang tercantum dalam pengumuman ini, ITB tidak mewajibkan calon mahasiswa untuk membawa benda-benda lainnya. Mohon agar calon mahasiswa tidak membeli perlengkapan yang ditawarkan di depan lokasi pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
•    Nama Mahasiswa, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua harus sama penulisannya dan penyingkatannya antara STTB/Ijazah, STK/STL, dan Akte Kelahiran. Apabila tidak sama, harus ada surat keterangan dari pihak yang berwenang (Catatan Sipil/Notaris untuk Akte Kelahiran, Kepala Sekolah untuk Ijazah/STTB/STK/STL).
•    Pasfoto memperlihatkan kedua telinga, menghadap ke depan, berpakaian seragam sekolah/sejenis, dan tanpa tutup kepala. Bagi yang berjilbab, diperkenankan menyerahkan pasfoto berjilbab.

Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2015, dapat diperoleh di alamat :
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Tel./Fax. : 022-2508519
Tel.         : 022- 4254016, 022- 61083601
E-mail    : usmitb@pusat.itb.ac.id
Website : http://usm.itb.ac.id/

Beberapa informasi pendaftaran berikut dapat dilihat pada ketentuan melalui situs resmi ITB http://usm.itb.ac.id ITB tidak akan mentolerasi segala bentuk apapun yang berkaitan keterlambatan pendaftaran baik secar online maupuan pada saat seleksi dilaksanakan. Bagi yang terlambat melengkapi berkas atau mengikuti tes yang terlambat dianggap telah gugur panitia tidak akan memberikan keringanan apapun mengenai hal tersebut.

Semoga untuk anda yang ingin mengikuti seleksi ITB dapat menaati segala bentuk persyaratan yang telah ditetapkan oleh ITB maupun penyelenggara pendaftaran Online ITB. Semoga informasi diatas dapat membantu dalam proses pendaftaran online ITB apabila terdapat perbedaan informasi maka yang akan digukan Info mengacu pada situs ITB.ac.id dan USM.ITB.ac.id.

Panitia juga tidak akan mentoleransi segala bentuk kecurangan yang dilakukan apabila terbukti curang dalam mengikutis dalam bentuk apapun nantinya panitia pendaftaran ITB akan menindak tegas tanpa mentoleransi segala bentuk kecurangan baik yang dilakukan peserta atau oknum lain jika terbukti termasuk Joki Ujian ITB. Semoga beruntung dan lulus amin. Bagi mengcopas informasi ini harap memberikan sumber agar calon mahasiswa pendaftaran Online ITB tidak mengalami kebingungan karena info tanpa sumber jelas akan menyesatkan.




3 Politeknik Manufaktur Negeri Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015


Bagi anda, adik-adik kelas XII yang sebagian besar mungkin sedang dilanda kebingungan alias dilanda virus galau dalam menentukan program lanjut Study setelah lulus SMA/SMK (sederajat) nantinya, baik itu dalam hal menentukan Perguruan tinggi ataupun juga dalam hal jurusan yang dikehendaki. Mungkin informasi berikut bisa jadi bahan referensi bagi adik-adik terutama bagi siswa yang berminat pada jurusan Teknik, khususnya Teknik Manufaktur.

Untuk tahun ini, tahun 2014, untuk dapat menjadi Mahasiswa Politeknik Manufaktur Negeri Bandung yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss-Institut Teknologi Bandung, ada dua cara pendaftaran, yaitu:

1.     Penelusuran Minat dan Kemampuan Perguruan Negeri Se-Indonesia (PMDK-PN)

Ini merupakan terobosan terbaru di dunia per-politeknik-an Indonesia, dimana baru tahun ini seluruh Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang berjumlah 38 politeknik itu sepakat bahwa dalam penerimaan Mahasiswa Baru mengadakan sistem pendaftaran Online dan serentak secara nasional. Konsep PMDK-PN ini hampir sama seperti SNMPTN Undangan, perbedaannya, kalau PMDK-PN itu berlaku untuk pendaftaran ke Politeknik Negeri di Indonesia, sedangkan SNMPTN Undangan berlaku untuk pendaftaran ke Universitas/Institut Negeri di Indonesia.
Prosedur PMDK-PN adalah sebagai berikut:
-    Politeknik mengirimkan undangan ke sekolah, berupa username dan password (dimulai dari tanggal : 1 Pebruari – 31 Maret 2014)
-          Setelah mendapatkan undangan, sekolah bisa login ke https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah.
Jika belum menerima undangan, maka Sekolah dapat mendaftarkan diri ke alamat website https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah/ceknpsn dan di sana pihak sekolah harus memasukkan beberapa data sesuai instruksi yang diminta.
-          Setelah berhasil login, maka Sekolah harus segera melengkapi data dari mulai :
Profil Sekolah
Rekomendasi Siswa yang akan diikutkan ke sistem PMDK-PN
Prestasi Ekstra yang pernah didapatkan oleh Siswa
(Tanggal : 10 Pebruari – 30 April 2014)
-          Username dan password Siswa otomatis digenerate oleh Sistem, sehingga pihak Sekolah
bisa langsung mencetak dan mendistribusikan ke masing-masing Siswa.
- Siswa yang sudah menerima username dan password, bisa login ke https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa, dan harus segera melengkapi formulir pendaftaran yaitu data : Profil Siswa ; nilai rapor semester 1 s/d 5 ; Meng-klaim Prestasi Ekstra; Keluarga ; Lampiran (scan Foto Diri (Formal), scan Surat Rekomendasi Keterangan Prestasi Ekstra) ; Pilihan Politeknik yaitu Siswa boleh memilih 3 pilihan dari 2 Politeknik dengan program studi yang berbeda (2 Program Studi di Politeknik Pilihan Pertama, 1 Program Studi di Politeknik Pilihan Kedua) ; Finalisasi dan Konfirmasi Peserta Bidik Misi atau Bukan
(Jika Siswa ingin mengikuti jalur bidik misi silahkan daftar di http://bidikmisi.dikti.go.id
(Tanggal : 20 Maret – 1 Mei 2014)
-          Siswa mencetak hasil isian formulir pendaftaran tersebut
-          Berkas-berkas yang harus disiapkan oleh Siswa antara lain :
•           Print out Bukti Pendaftaran
•           Fotokopi rapor semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir
•           Pas foto berwarna ukuran 4x6 2 lembar
•           Fotokopi akte kelahiran atau Surat Kenal Lahir
•       Fotokopi sertifikat prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler minimal tingkat Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang dicapai selama di Sekolah Menengah (selain itu akan diabaikan)
•          Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter
•          Surat keterangan lain yang diisyaratkan oleh Politeknik
-   Pihak Sekolah secara kolektif atau Siswa secara mandiri mengirimkan berkas pendaftaran PMDK-PN ke alamat Politeknik yang menjadi Pilihan Pertama Siswa (Tanggal : 27 Maret – 8 Mei 2014)
-        Politeknik menverifikasi data online dan berkas yang dikirim oleh Sekolah atau Siswa (Tanggal : 1 – 17 Mei 2014)
-        Politeknik melakukan Proses Seleksi Nasional (Tanggal : 19 – 21 Mei 2014)
-        Politeknik melakukan Rapat Koordinasi Evaluasi Akhir (Tanggal : 22 Mei 2014)
-      Pengumuman kelulusan dapat dilihat sesuai jadwal di http://pmdk.politeknik.or.id (Tanggal 29 Mei 2014)
2.       Tes Tulis (Reguler)

                                 Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Reguler telah dibuka..

                        Pendaftaran dibuka dari tanggal 14 April 2014 s.d. 12 Juni 2014.
                        Untuk melakukan pendaftaran,  silakan kunjungi website http://www.polman-bandung.ac.id/pmb
•    DIPLOMA III

           PERSYARATAN UMUM :

          1. Warga Negara Republik Indonesia
          2. Memiliki Ijazah SLTA (SMA/SMK/MA/MAK) 5 tahun terakhir (2010-2014)
          3. Mempunyai surat tanda kelulusan bagi lulusan tahun 2014 atau surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN)
          4. Tidak Buta Warna

           UJIAN TAHAP I (Sabtu, 14 Juni 2014, Pukul : 07.30 - 11.30)

          Tempat dan Nomor ruangan Pelaksanaan Ujian Tahap I dapat dilihat pada papan pengumuman di Kampus POLMAN Bandung atau melalui website resmi www.polman-bandung.ac.id atau melalui login user peserta di www.polman-bandung.ac.id/pmb sehari sebelum ujian dilaksanakan.

              Materi yang diujikan                        : Matematika, Fisika, Bahasa Inggris dan Skolastik
              Pengumuman hasil ujian tahap I : 15 Juni 2014


           UJIAN TAHAP II (Bagi yang LULUS tahap I)
               Pendaftaran                                       : 16 - 17 Juni 2014
               Pelaksanaan                                      : 17 - 18 Juni 2014
               Materi                                                  : Tes Kesehatan & Kebugaran
               Pengumuman hasil ujian tahap II : 20 Juni 2014

•    DIPLOMA IV

          PERSYARATAN UMUM :

     1. Warga Negara Republik Indonesia  
     2. Berbadan dan Berjiwa Sehat
     3. Memiliki ijazah Diploma-3 bidang Rekayasa
     4. Tidak Buta Warna

         UJIAN (Sabtu, 14 Juni 2014, Pukul : 07.30 - 16.00)

       Tempat dan Nomor ruangan Pelaksanaan Ujian Tahap I dapat dilihat pada papan pengumuman di Kampus POLMAN Bandung atau melalui website resmi www.polman-bandung.ac.id atau melalui login user peserta di www.polman-bandung.ac.id/pmb sehari sebelum ujian dilaksanakan.

           Materi yang diujikan                        : Matematika Teknik, Pengetahuan Kejuruan, dan Psikotes
           Pengumuman hasil ujian tahap I : Jumat, 20 Juni 2014


      Nah, bagi adik-adik yang  ingin ataupun berminat untuk belajar dan menjadi Mahasiswa POLMAN Bandung, silakan mengikuti cara pendaftaran seperti yang telah dijelaskan di atas, baik melalui Jalur PMDK-PN ataupun Jalur Reguler.
Info lebih lanjut, silakan kunjungi  http://www.polman-bandung.ac.id/pmb
Info lebih lanjut, bisa langsung kunjingi website pmdk.politeknik.or.id



4. UGM- pendaftaran via online di UGM dibuka, pendaftaran dilakukan online untuk UGM banyak pendaftaran untuk online kampus UGM, ya Pendaftaran secara online jadi favorite UGM untuk pendaftaran klik ugm.ac.id. Pendaftaran Online UGM akan dilakukan dalam beberapa tahapan termasuk didalamnya adalah jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Sebagai universitas nomor wahid di Indonesia UGM menerapkan sistem seleksi ketat dalam setiap tahunnya. Ya Universitas dimana tempat Jokowi meraih gelar sarjana pertanian ini memang menjadi magnet tersendiri dalam urusan seleksi berdasarkan informasi yang didapat ada beberapa jalur seleksi disini kami akan memberikan cara pendaftaran yang bisa dilakukan.

Layaknya Universitas negeri lainya yang memiliki beberapa jalur seleksi termasuk seleksi mandiri selain seleksi nasional kalau di beberapa universitas lebih dikenal dengan istilah Simak atau USM atau jalur mandiri di UGM juga ada tetapi beda nama. Dalam hal ini lebih divesifikasi  jalur masuk UGM untuk program sarjana. Berikut adalah jalur masuk yang dibicarakan dan sekaligus cara pendaftaran online serta beberapa cara lain simak selengkapnya dibawah ini :


1. Pendaftaran Online Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) UGM

SNMPTN merupakan jalur masuk yang dilakukan dan diadakan oleh pemerintah dalam hal diperuntukan untuk mereka lulusan SMA, SMK, MA, MIS, Paket C dan lulusan sederajat mengeha atas dengan berbagai program studi. Semua biaya akan ditanggung oleh pemerintah serta seleksi dilakukan melalui beberapa cara rekrutmen seperti melalui jalur undangan. Untuk pendaftaran dilakukan melalui situs resmi di www.snmptn.ac.id.

2. Pendaftaran Online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) UGM

SBMPTN merupakan jalur masuk bersama yang dilakukan nasional tidak jauh berbeda dengan jalur masuk SNMPTN hanya saja kalau SNMPTN dilakukan dengan sistem jalur undangan sedangkan SBMPTN dilakukan melalui tes tertulis sebagai kopensasi pemerintah dalam menyikapi seleksi nasional. Untuk pendaftaran dilakukan melalui situs di www.sbmptn.or.id.

3. Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA) UGM

PBU SARJANA dilakukan dalam beberapa tahapan dan dilakukan dengan menyaring siswa-siswi berprestasi lulusan terbaik dalam beberapa bidang studi nantinya memili 2 program studi. Diperuntukan bagi mereka yang berprestasi tapi tidak mampu, program berprestasi kemitraan bibit unggul berpestasi dan berprestasi dibidang olahraga dan seni.

4. Seleksi Ujian Tulis (UTUL) UGM

Dilaksanakan untuk mereka yang akan memilih 3 program studi, penyelenggaran seleksi ini dilakukan oleh pihak UGM dengan sistem ujian tertulis. Bedanya ini tidak dilaksanakan secara nasional seleksi ini akan dilaksanakan berdasakan putusan Univeristas bersangkutan.

5. Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program) UGM

Seleksi ini dilakukan untuk mereka yang mengambil kuliah dan melanjutkan ke luar negeri melalui program ini  dan disalurkan melalui UGM jika lulus, diprioritaskan dapat menguasai bahasa inggris dalam katagori mahir siap siap untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran online UGM.

1.    Setiap calon mahasiswa akan dikenakan uang sebesar 125 rb bisa bayar melalui bank BNI.
2.    Melakukan pendaftaran online melalui situs acept.ugm.ac.id   isi berdasarkan biodata diri anda dengan benar.
3.    Pengumuman seputar awal pembukaan pendaftaran online UGM akan di beritahukan melalui situs resmi acept.ugm.ac.id, apabila anda menjumpai situs tidak dapat menampilkan formulir pendaftaran online meski waktu penutupan masih ada berarti kuota pendaftaran sudah penuh.
4.    Login : Isikan tanggal lahir/NIU yang tercetak pada slip pembayaran Saudara (Nomor Induk).
5.    PASWD : Isikan Password sesuai yang tercetak pada slip pembayaran Saudara (PDFTRN. PASWD).
6.    Setelah semua sudah dilakukan print kartu pendaftaran online agar bisa mengikuti test.
7.    Panitia penyelenggara mengintruksikan agar datang tepat waktu paling tidak 30 menit sebelu test.
8.    Perlengkapan test yang harus dibawa adalah pensil standar 2B, kartu tanda pengenal, seperti KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar.
9.    Panitia memiliki hak penuh untuk membatalakan seseorang dan menyatakan seseorang tidak bisa ikut tes karena beberapa hal seperti persyaratan wajib yang tidak lengkap. Anda juga dapat membaca persyaratan pada link berikut http://ppb.ugm.ac.id/berita-150-informasi-pendaftaran-tes-acept-online.html
Berdasarkan  mekanisme dan cara pendaftaran onlien ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk SNMPTN dan SBMPTN anda dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi di www.snmptn.ac.id atau www.sbmptn.or.id lalu pilih program studi dengan tujuan UGM. Dalam hal ini UGM juga memberikan beberapa jadwal lengkap pendaftaran online simak selengkapnya :

Jadwal Pendaftaran Online Jalur UGM

Berdasarkan putusan universitas pendaftaran online Jalur PBUTM - SARJANA, PBUK - SARJANA, PBUB - SARJANA, PBOS - SARJANA,  ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 April - 14 Mei. Sedangkan untuk jalur UTUL dilaksanakan pada tanggal 11 April-16 Juni. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada rangkuman tebel lengkap jadwal yang dikutip dari situs UGM.

Jalur    Pembayaran Biaya Pendaftaran    Pendaftaran Online    Pengumuman Lolos Berkas    Cetak Kartu Tes    Tes Tertulis *)    Lokasi    Pengumuman
PBUTM - SARJANA     1 April -13 Mei    1 April - 14 Mei    23 Mei    29 Mei    1 Juni    UGM Yogyakarta    11 Juni
PBUK - SARJANA     1 April -13 Mei    1 April - 14 Mei    23 Mei    29 Mei    1 Juni    Akan diumumkan kemudian    11 Juni
PBUB - SARJANA     1 April -13 Mei    1 April - 14 Mei    23 Mei    29 Mei    1 Juni    UGM Yogyakarta    11 Juni
PBOS - SARJANA     1 April -13 Mei    1 April - 14 Mei    23 Mei    29 Mei    1 dan 2 Juni    UGM Yogyakarta    11 Juni
UTUL    11 April-16 Juni     11 April-18 Juni     -    19 Juni    22 Juni     Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, Balikpapan    18 Juli
*) Keterangan :
Materi Tes PBUTM, PBUK, PBUB: Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum

(TKDU)
Materi Tes PBOS: Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes

Keterampilan
Materi Tes UTUL: Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek

Ada beberapa tes yang akan dilakukan yang telah dijelaskan di atas setidaknya adik-adik harus menyiapkan diri untuk belajar materi yang menyangkut bahan tes, semoga lulus dan tercapai semua cita-citanya amin.


C. KISI-KISI DAN SOAL KKPI

KISI – KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMK MA’ARIF KOTA MUNGKID
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
JURUSAN TKJ dan TP
   
                                                                                          

No Urut    KompetensiDasar    Indokator
No Soal   
               
1    Mempersiapkan web browser    •  Memahami  petunjuk penggunaan  (User manual)web browser sudah ada.    1   
2        •  Menyalakan/mematikan perangkat komputer dan sistem operasi dan persyaratan  yang sesuai dengan installation manual.    2   
3        •  Menjalankanweb browser
    3   
4    Mengenali menu, mengakses URL, menyimpan file    •   Mengenali  menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya berdasarkan user manual.    4,5,6,7   
5        •   Memahami  format URL (Uniform Resouce Locator).    8   
6        •   Melakukan akses ke URL tertentu melalui isian dan menu yang tersedia serta menyelusuri melalui hyperlink.    9   
7        •   Mengelola penggunaancookies.    10   
8        •   Menyimpan file-file hasil penelusuran pada media.    11,12   
9        •   Menyimpan link tertentu pada media yang tersedia (download).    13   
10    Mengenali objek dasar dan fitur pencarian informasi pada dokumen web    •   Mengenali objek-objek dasar, seperti: text, button, image, radio button, check box, text area.    14,15,16,17,18,19   
11    Memanfaatkanmesinpencari (searchengine) untukmencariinformasi di internet.    • Mengetahui alamat – alamatsearch engine populer.    20,21,22   
12        • Memahami dan menggunakan kata kunci untuk digunakan dalam proses pencarian dalam pencarian    23,24,25   
13    Menggunakanaplikasi email berbasis web (web mail)    •   Mengetahui Situs penyedia layanan email    26,27,28   
14        •   Melakukan  Pengesetan (setting) dan pendaftaran akun email telah berhasil    29,30,31   
15        •   Memahami login dan kata sandi (password) dan memasukkannya    32,33,34   
16        • Mengenali dan memahami Format alamat email .    35,36,37,38,39   
17        • Mengenali email dan dapat membaca isinya    40,41   
18        • Mengekstrak file attachment (jikaada) dari email    42   
19        • Mengirim dan membalas email    44   
20        • Membuat dan dikirim email baru    43   
21        •   Melakukan pengiriman email kesatu alamat atau lebih dengan file attachment    45   
22    Menggunakan marka buku (bookmark / favourite)    •   Memahami fungsi dari bookmark    46   
23        •   Menambahkan alamat situs pada bookmark / favourite.    47   
24        •   Mengelola bookmark, seperti menambahkan     48   
25        •   Membuka alamat situs yang terdapat pada bookmark    49,50   




PETUNJUK UMUM
1.    Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang disediakan !
2.    Periksa dan baca soal-soal sebelum anda menjawabnyaJumlah soal sebanyak 45 pilihan ganda setiap butir soal terdiri dari 5 (lima) pilihan jawaban dan terdiri dari 5 (lima) soal essay
3.    Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan yang kurang jelas rusak atau jumlah soal kurang.
4.    Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian kalau diperlukan.
5.    Periksa kembali pekerjaan anda sebelum sebelum diserahkan kembali kepada pengawas ujian.
6.    Tidak diizinkan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun
A.    Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini yang anda anggap paling benar !
1.    Dalam komputer dikenal juga istilah CPU yang merupakan kepanjangan dari …
a.    Komputer Processing Unit
b.    Central Processing Unit,
c.    Central Port Unit
d.    Center Processing Unit
e.    Control Processing Unit
2.    Bila kita ingin menambah slide baru pada Presentasi maka perintah yang digunakan adalah …
a.    Ctrl + H
b.    View – Slide
c.    File – Slide
d.    Ctrl + M,
e.    Insert – Slide New Document
3.    Istilah mengaktifkan komputer pada saat komputer dalam keadaan mati disebut dengan  …
a.    Warm Boot
b.    Cold Boot,
c.    Fine Boot
d.    Slow Boot
e.    Rest Boot
4.    Icon merupakan lambang atau symbol yang merupakan tombol shortcut untuk memudahkan / mempercepat menjalankan suatu program, biasanya tampilannya berada pada …
a.    File Explorer
b.    Desktop,
c.    Control Panel
d.    Accessories
e.    My Document
5.    Jika sebuah file berisi 15 slide untuk menyisipkan slide pada slide 8, maka  kursor diletakkan  pada slide …
a.    Satu slide sesudah slide 8 pada file tersebut
b.    Diantara slide 8 dan 9 pada file tersebut,
c.    Diantara slide 4 dan 6 pada file tersebut
d.    Slide 7 pada file tersebut
e.    Tidak ada yang benar
6.    Bila kita mengunakan kertas bersambung (continues Form) maka jenis printer yang digunakan  …
a.    Inkjet
b.    Laser Jet
c.    Dot Matrix,
d.    Bubble jet
e.    Jet Coaster
7.    Data yang dapat diproses dengan aplikasi OCR adalah data yang berbentuk …
a.    Animasi
b.    Flowchart
c.    Gambar
d.    Grafik / Chart
e.    Text,
8.    Pada Email terdapat suatu system layanan, salah satunya adalah POP E-mail yang berfungsi untuk …
a.    Memperhalus bahasa surat
b.    Mempercepat pengiriman surat,
c.    Mensensor surat
d.    Surat akan lebih aman
e.    Membutuhkan on line yang lebih lama
9.    Untuk mengirimkan sebuah e-mail kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain, menggunakan …
a.    cc
b.    To
c.    Bcc,
d.    Topik
e.    Kirim
10.    Untuk  menambah, menghapus, memindah dan menyalin data record termasuk dalam proses ….
a.    Delete Data
b.    Copy Data
c.    Move Data
d.    Insert Data
e.    Editing data,
11.    Proses menyimpan dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya dengan mengganti nama file baru digunakan perintah …
a.    File – Save
b.    File – Save As,
c.    Klik icon disket
d.    Alt + F + S
e.    Semua benar
12.    Untuk mencetak semua halaman naskah maka pada menu print pilihannya adalah …
a.    Number of Copies
b.    Current Page
c.    Pages
d.    All,
e.    Selection
13.    Dibawah ini yang bukan termasuk struktur tombol pada keyboard adalah …
a.    Keyboard PS/2,
b.    Numeric keypad
c.    Tombol ketik (typing keys)
d.    Tombol control (control keys)
e.    Tombol Fungsi (Function keys)
14.    Search engine merupakan mesin pencari yang dapat ditemui pada website Berikut ini situs-situs yang bukan termasuk  search engine adalah…
a.    www.google.com
b.    www.msn.com
c.    www.altavista.com
d.    www.geocities.com,
e.    www.yahoo.com


15.    Dari table diatas, Rumus 1 untuk mencari Harga Total adalah ….
a.  =C1*D1    d.  =C1xD1
b. =C2/D2   e.  =C2*D2,
c. =C2xD2
16.    Rumus 2 untuk mencari Jumlah Harga Total adalah ….
a.  =Max(E2..E5)      d.  =Min(E2..E5)
b.  =Sum(E2..E5), e.  =Average(E2..E5)
c.  =Count(E2..E5)
17.    Rumus 3 untuk mencari Harga Total Tertinggi adalah ….
a.  =Sum(E2..E5)     d.  =Min(E2..E5)
b.  =Max(E2..E5), e.  =Average(E2..E5)
c.  =Count(E2..E5)
18.    Rumus 4 untuk mencari Harga Total Terendah adalah ….
a.  =Min(E2..E5), d.  =Max(E2..E5)
b.  =Sum(E2..E5)    e.  =Average(E2..E5)
c.  =Count(E2..E5)
19.    Dibawah ini yang tidak termasuk perangkat lunak pengolah kata  adalah …
a.    Writer
b.    Microsoft windows,
c.    Wordpad
d.    Microsoft Word
e.    Notepad
20.    Komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan disebut  …
a.    Terminal
b.    Workstation
c.    Server,
d.    Client
e.    Router
21.    Jaringan yang mencakup satu kota maupun satu provinsi dinamakan  …
a.    WAN
b.    GAN
c.    LAN
d.    MAN
e.    RAN
22.    Gambar dibawah ini termasuk dalam jenis topologi …
a. Star,
b. Ring
c. Bus
d. Client
e. Server
23.    Pengaturan margin, ukuran kertas, orientasi beserta layout dokuemn harus dilakukan melalui…
a.    File – New
b.    File – Save
c.    File – Page Setup,
d.    File – Print
e.    File – Print Preview
24.    Untuk menampilkan slide presentasi fullscreen dapat dilakukan dengan cara …
a.    F5,
b.    Alt + F5
c.    Ctrl + F5
d.    F2
e.    F4
25.    Untuk membuat dokumen tercetak dari file presentasi lebih dari satu slide per halaman, dapat dilakukan dengan mencetak dalam bentuk…
a.    Notes
b.    Outlines
c.    Slide
d.    NotesPages
e.    Handouts,
26.    Jika diurutkan dari yang paling besar, urutan-urutan data yang benar adalah …
a.    Field – Record – File
b.    File – Record – Field,
c.    Record – File – Field
d.    File – Field – Record
e.    Field – File – Record
27.    Untuk memilih data base baru yang masih kosong sehingga kita dapat menambah objek Tabel, Query, Form, Report pada Ms Access dengan memilih ….
a.  Open an existing file                 d.  Blank data acces page
b.  Project new data                        e.  Choose file
c.  Blank acces database,
28.    Proses pengambilan data dari internet ke PC disebut dengan istilah …
a.    Upload
b.    Browsing,
c.    Chatting
d.    Download
e.    Surfing
29.    Jika kita ingin meneruskan E-mail yang diterima kemudaian kita kirimkan kembali kepada orang lain, istilah ini disebut dengan  …
a.    Forward,
b.    Reply
c.    Attachment
d.    Inbox
e.    Send
30.    Perangkat yang dapat mengubah data analog menjadi data digital atau sebaliknya digunakan alat …
a.    Switch
b.    Router
c.    Modem,
d.    Connector
e.    Bridge
31.    Untuk mencari teman atau kenalan yaitu dapat menggunakan fasilitas …
a.    Email
b.    Browser
c.    Online
d.    Chatting
e.    Download,
32.    Langkah-langkah untuk membuat buku kerja baru pada aplikasi spreadsheet adalah …
a.    File – New – Close
b.    File – Print
c.    File – Close
d.    File – Page setup
e.    File – New – Spreadsheet,
33.    Dibawah ini yang bukan merupakan file database adalah …
a.    Query
b.     Tabel
c.    Design,
d.    Form
e.    Report
34.    Undang-undang Reepublik Indonesia yang menurut Hak Cipta adalah …
a.    UU RI Nomor 18 tahun 2001
b.    UU RI Nomor 19 tahun 2001
c.    UU RI No.19 tahun 2002,
d.    UU RI No.18 tahun 2001
e.    UU RI No.18 tahun 2003
35.    Perusahaan yang menyediakan jasa internet adalah …
a.    URL
b.    Hacker
c.    ISP,
d.    Homepage
e.    Website
36.    Untuk memberi latar belakang pada slide menggunakan …
a. Format à Slide Layout
b. format à Background,
c. Format à Slide Design
d. Insert à Background
e. Insert à Slide Design
37.    Tombol yang digunakan untuk memindahkan pointer dari cell C2 ke B2 adalah …
a.    Shift + tab,
b.    Enter
c.    Home
d.    Ctrl + tab
e.    Backspace
38.    Klik Insert – Column merupakan perintah untuk  …
a.    Menyisipkan baris
b.    Menyisipkan cell
c.    Menyisipkan Column,
d.    Menghapus Column
e.    Menambahkan baris
39.    Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel pada program Microsoft Excel menggunakan icon  …
a.    Center
b.    Left
c.    Right.
d.    Merge and Center,
e.    Merge.
40.    Memberi simbol Rp. Pada lembar kerja yang menyatakan nilai uang dengan memilih menu format – cell – number dari kotak dialog yang tampil memilih ….
a.  Number.            d.  Accounting,
b.  Percentage.        e.  Date
c.  Time
41.    File di internet dapat disimpan pada media dibawah ini, kecuali …
a.    Harddisk
b.    Monitor,
c.    Disket/Floppy Disk
d.    CD.
e.    Flash Disk
42.    Untuk membaca kode barang yang biasa digunakan di kasir swalayan merupakan jenis scanner  …
a.     Plat bad
b.    OHP.
c.    In focus
d.    Sensor
e.    Hand Held,
43.    Nama domain yang digunakan untuk badan pemerintah yaitu …
a.    edu
b.    org
c.    gov,
d.    mil
e.    net.
44.  Fungsi yang digunakan untuk memindahkan isi cell dengan menggunakan shortcut keyboard adalah …
a.    Ctrl + X dan Ctrl + V,
b.    Ctrl + C dan Ctrl + V.
c.    Ctrl + X dan Ctrl + C
d.    Ctrl + C dan Ctrl + P.
e.    Ctrl + C dan Ctrl + S

Essay
45.    Tuliskan 5 fasilitas yang ada di internet !
46.    Tuliskan langkah-langkah untuk mengatur jarak baris/spasi kalimat !
47.    Tuliskan 5 fungsi statistic dan jelaskan fungsinya masing-masing!
48.    Tuliskan 5 type data pada Microsoft Access !
49.    Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan program presentasi (PowerPoint)!

Kunci Jawaban :
Soal 45 jawabannya sbb:
a. Mailing List                               f. E-comerce
b. Email                                         g. www
c. FTP                                            h. Chat room
d. Telnet                                        i. Newsgroup
e. Ghoper

Soal 46 jawabannya sbb:
a. Blok paragraph
b. Klik menu – format – Paragraf – Line spacing
c. tentukan jarak yang diinginkan
d. Ok

Soal 47 jawabannya sbb:
a. SUM = menjumlah data
b. MAX = mencari nilai tertinggi
c. MIN = mencari nilai terendah
d. AVERAGE = Mencari nilai rat-rata
e. COUNT = menghitung banyaknya data

Soal 48 jawabannya sbb:
a. Text                                 e.Autonumber             i. Yes/no
b. Number                         f. OLE objek
c. Date/time                       g. Hyperlink
d. Currency                       H. Memo

Soal 49 jawabannya sbb:
Klik Start – Program – Ms. Power Point
Pilih Lowongan Kerja atau Perguruan Tinggi Favorit?
4/ 5
Oleh

Terimakasih telah membaca. Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar...